Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Diposkan oleh Unknown on Selasa, 11 Oktober 2016

Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh - Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti telah mengenal singkong. Ya, singkong merupakan bahan makanan yg termasuk dalam kelas umbi-umbian. Singkong sendiri pun kerap disebut dengan nama umbi kayu. perkara tersebut diakibatkan sebab singkong merupakan umbi yg ada di pangkal batang pohon singkong.

Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Selain bisa diolah menjadi aneka makanan yg enak seperti perkedel singkong, kolak singkong, tape singkong, gethuk, keripik samiler, jemblem, keripik singkong dll. Singkong pun bisa diolah menjadi tepung singkong. umumnya, tepung singkong dipakai buat membuat aneka kue-kue tradisional & dapat pun buat dipakai buat membuat kue brownies. Tak hanya itu saja, sebab memiliki kandungan jat pati 2 kali lebih banyak dari kentang, membuat singkong dikonsumsi sebagai makanan pokok penganti nasi.

Meskipun demikian, beberapa orang masih beranggapan bahwa singkong merupakan makanan kampung yg tak mengandung giji. Padahal bila diteliti lebih detail lagi, singkong termasuk dalam kelompok makanan berzat giji tinggi. Sebaiknya, tidak boleh menyepelekan singkong sebelum mengetahui kandungan zat giji beserta manpaat yg dimilikinya. Caramanfaatmanpaat.com mengungkapkan bahwa di dalam singkong ada kandungan zat giji berupa karbohidrat, protein, serat, asam polat, Vit. A, Vit. B9, Vit. C, Vit. E, Vit. K, niacin, pyridoksine, thiamin, riboplavin, mangan, kalsium, jat besi, kalium, magnesium, pospor, sodium & jinc. [1]

Sesudah mengetahui kandungan zat giji yg ada di dalam singkong, berikutnya pun bakal diberikan inpormasi mengenai manpaat singkong untuk kesehatan tubuh. Inilah sejumlah manpaat singkong untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh


1. Sumber Energi

Seperti yg telah disebutkan sebelumnya, singkong memiliki jat pati 2 kali lebih banyak dari kentang sehingga menyadikannya sebagai makanan penambah energi berkat adanya sumber karbohidrat kompleks.’

2. Memperlancar System Pencernaan

Di dalam singkong pun ada kandungan serat yg berperan buat memperlancar system pencernaan, sehingga organ-organ pencernaan menjadi lebih sehat & terhindar dari problem gangguan pencernaan seperti susah BAB, wasir, perut kembung, sembelit & lain sebagainya.

3. Baik buat Diet Rendah Lemak

Meskipun singkong mengandung karbohidrat cukup tinggi, tapi singkong merupakan makanan rendah lemak & rendah kolesterol sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yg sedang menjalankan diet rendah lemak. Tapi, buat menjalankan diet rendah lemak hanya disarankan buat mengonsumsi singkong yg telah direbus.

4. Mencegah & Mengobati Anemia

Kandungan komponen mineral, termasuk jat besi yg terdapat di dalam singkong berperan buat membantu proses pembentukan sel-sel darah merah sehingga tubuh terhindar dari problem anemia atau kurang darah.

5. Baik Dikonsumsi Oleh Pengidap Diabetes

Para pengidap diabetes dianjurkan buat mengonsumsi singkong daripada mengonsumsi nasi. perkara tersebut diakibatkan sebab singkong tak mempunyai kandungan kadar gula sehingga aman dikonsumsi para pengidap diabetes (penyakit gula darah).

6. Menaikan Napsu Makan

Singkong mengandung zat giji & karbohidrat kompleks yg berperan buat menaikan napsu makan.

Terlepas dari itu semua, singkong pun memiliki epek samping bila dikonsumsi dengan cara berlebihan. Berdasarkan inpormasi yg diambil dari manpaat.co.id, di dalam singkong ada akar alami yg beracun cyanogenic, metil linamarin & memiliki kandungan senyawa glikosida linamarin. Kandungan racun ini bisa membuat orang yg mengonsumsinya dengan cara berlebihan mengalami keracunan sianida yg digejalai dengan tanda pusing, mual, muntah, nyeri perut, nyeri kepala sampai kematian. Kandungan racun ini lebih banyak ditewajahn di bagian kulit luarnya. buat menghilangkan racun ini, pastikan sudah mengupas kulitnya sampai bersih & rebuslah di dalam air yg berisi garam & cuka.

Hal lainnya yg pun mesti diperhatikan ialah pastikan buat memilih atau membeli singkong dengan keadaan yg baik. Singkong berkualitas baik memiliki warna putih bersih saat dikupas. Sebaiknya, buanglah singkong yg memiliki warna kekuningan atau kebiruan sesudah dikupas sebab warna ini menandakan bahwa singkong telah disimpan dalam waktu yg cukup lama sehingga tak baik buat dikonsumsi. Singkong yg masih segar & baru digejalai dengan adanya tanah yg masih basah di perwajahan kulitnya. 

Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Khasiat Singkong dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar