Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Diposkan oleh Unknown on Rabu, 22 Juni 2016

Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit - Beberapa kuliner berikut bakal memberikan asupan serat tinggi untuk pencernaan anda, dan membantu mengobati–sekaligus mencegah–masalah susah BAB dengan tips alami. Beberapa jenis kacang & biji-bijian, tinggi serat & baik untuk mengobati susah BAB.

Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit
Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Kacang-kacangan & biji-bijian

Walaupun bentuknya kecil, kacang-kacangan & biji-bijian merupakan sumber serat yg sungguh baik. macam kuliner ini sungguh gampang kita dapatkan. Terlebih lagi, kacang & biji-bijian kerap dijadikan bahan dalam sayur, seperti kacang merah, kacang panjang, lentil, & lain sebagainya. Selain itu terdapat jua kacang almond, kacang mente, kacang tanah/kulit, & jua polong yg dapat dijadikan cemilan.

Anda mungkin kerap menemukan reperensi yg menjelaskan bahwa kacang-kacangan justru bisa mengakibatkan susah BAB/konstipasi. Itu disebabkan karna kita tak minum air yg cukup, untuk membantu memperlancar aliran serat di pencernaan. Menkonsumsi banyak serat tanpa minum air yg cukup justru bisa mengakibatkan susah BAB.

Ubi jalar

Satu perkara yg paling unggul dari ubi jalar adalah kandungan seratnya yg sungguh tinggi, yg tentu bisa membuat pencernaan kita menjadi lancar. Selain memiliki kandungan serat tinggi, ubi jua memiliki kandungan beta-karotin & vitamin A yg tinggi.

Direbus maupun dibakar, & dikonsumsi bersama kulitnya, kita tetap dapat mendapatkan manpaatnya dari macam umbi-umbian yg satu ini.

Buah apel & pir

Memakan buah-buahan segar dapat membantu kita mengobati sekaligus mencegah konstipasi. Itu karna kebanyakan buah-buahan memiliki kandungan serat. Di antaranya yg baik untuk kita pilih adalah buah apel & pir. Apel & pir berukuran kecil sampai sedang bisa menyediakan setidaknya 3-4 gram serat untuk pencernaan anda.

Selain memperlancar system pencernaan, buah ini jua cukup ampuh untuk mengatasi diare (diarrhea). Membantu memudahkan pembuangan kotoran dari system penceraan bila kita konstipasi, & membuat kotoran menjadi lebih padat saat kita mengalami masalah diare.

Brokoli

Seperti halnya ubi jalar, brokoli jua merupakan sumber serat tinggi. Menyajikannya dalam menu kuliner anda, baik sebagai sayuran maupun lalapan mentah, bakal membantu mengobati masalah susah BAB anda.

Di samping seratnya yg tinggi, brokoli merupakan kuliner bernutrisi tinggi. Karnanya, macam tanaman crucipera satu ini sungguh baik bila dikonsumsi secara rutin, untuk mendapatkan ragam manpaat kesehatan seperti vitamin C tinggi dapat meningkatkan system imun, sampai mencegah kanker.

Aneka buah beri

Jenis buah-buahan beri biasanya adalah sumber serat yg baik, termasukstroberi, bluberi, blackberry, & jua raspberry. Semuanya memiliki kandungan serat yg cukup tinggi, dan rendah calori. Buah-buahan kering

Buah-buahan yg dikeringkan

Selain dalam bentuknya yg segar, buah-buahan yg dikeringkan jua termasuk sumber serat yg baik. Kismis, kurma, buah ara, prun/prem, sampai buah pisang (yang dikeringkan sampai menjadi keripik), adalah makanan nikmat yg sekaligus berpungsi untuk mengobati konstipasi.

Oat & gandum

Kedua macam serelia ini adalah sumber karbohidrat komplex yg sungguh baik, & cukup populer untuk dijadikan menu makan pagi dalam bentuk cereal, bubur, maupun dalam bentuk roti (gandum). Kaya nutrisi, memberi energi, dan memiliki kandungan serat tinggi, yg bakal membantu melancarkan system pencernaan anda.
Oat & gandum jua sungguh baik untuk membantu menurunkan massa tubuh, menurunkan colesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, sampai menyediakan antiocsidan untuk tubuh.

Sayuran segar

Sayuran tentunya memiliki kadar air dan serat yang tinggi. Kedua komponen ini, penting sekali untuk masuk kedalam tubuh agar terbebas dari sembelit. Bahkan kasus umum penyebab sembelit diantaranya karena seseorang jarang mengkonsumsi sayuran, sehingga gerak sisttem pencernaannya tidak maksimal dan kotoran pun lebih sulit untuk dibuang dari tubuh. Jadi mulai dari sekarang, perbanyaklah makan sayuran segar yang sudah diolah, setiap hari, agar terbebas dan terhindar dari penyakit sembelit

Buah-buahan

Seperti layaknya sayuran, buah juga kaya dengan kandungan air dan serat. Bahkan didalam buah juga terkandung gula dan vitamin yang sangat penting untuk keesahatan. Beberapa jenis buah yang bisa mengetasi sembelit diantaranya pepaya, nanas, mangga alpukat, melon, semangka dan lain sebagainya
perlu anda ingat, bahwa meskipun sembelit termasuk penyakit ringan, namun jika terus dibiarkan hingga terlambat ditangani, maka bisa menimbullkan komplikasi serius yang tidak dinginkan seperti wasir. Nah penyakit ini biasanya muncul karena kita terlalu sering mengejan saat BAB, yang mengakibatkan pembuluh darah didalam anus menjadi membengkak. Jadi perbanyaklah untuk mengkonsumsi beberapa makanan diatas, oke!


posted by : obat sembelit

Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit Makanan Sehat Untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar